Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi Modeling Partisipan untuk meningkatkan penyesuaian diri terhadap teman sebaya pada siswa kelas VII G di SMP Negeri 1 Ngadirojo, Pacitan. Rancangan penelitian ini termasuk pre eksperimen dengan jenis pre-test dan post-test one group design, sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Ngadirojo-Pacitan, yang mempunyai penyesuaian diri yang rendah terhadap teman sebaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik dengan menggunakan Uji Tanda. Hasil analisis Uji Tanda menunjukkan bahwa nomor urut yang bertanda negatif sejumlah 0 sedangkan yang bertanda positif sejumlah 6, sehingga terdapat perbedaan skor antara pre-test dan post-test. Berdasarkan tabel probabilitas binomial untuk ñ=0,5, N=6, r=0 diketahui dengan á=0,05. Sehingga diperoleh á > peluang sampel yaitu (0,05>0,016) berarti H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian menunjukkan bahwa strategi modeling partisipan dapat meningkatkan penyesuaian diri terhadap teman sebaya.Maka dapat disimpulkan ada pengaruh positif penerapan strategi modeling partisipan terhadap peningkatan penyesuaian diri terhadap teman sebaya pada siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Ngadirojo-Pacitan.
Copyrights © 2011