Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Vol 12, No 2 (2011)

PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI SELF MODELLING UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA

Fitriana Dyah Wulandari, (Unknown)
Muhari, (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2011

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji penerapan konseling kelompok dengan strategi self modelling untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-exsperiment design berupa  Pre-Test dan Post-Test One Group Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-TGB SMK Negeri 1 Kota Mojokerto yang memiliki disiplin belajar rendah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Dari angket pre-test ditemukan 6 siswa dari 45 siswa yang memiliki disiplin belajar rendah. Metode analisis data yang digunakan adalah ujitanda(Sign-Test). Dengan demikian pernyataan hipotesis “Ada peningkatan disiplin belajar siswa antara sebelum dan sesudah penerapan konseling kelompok dengan strategi self- modelling”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling kelompok dengan strategi self modelling dapat meningkatkan disiplin belajar kelas X SMK Negeri 1 Kota Mojokerto.

Copyrights © 2011