Abstrak: Manusia adalah makhluk sosial artinya manusia
senatiasa berinteraksi dengan orang lain. Interaksi akan berjalan dengan baik
apabila masing-masing orang mampu berkomunikasi secara efektif sehingga dari
komunikasi tersebut akan terbentuklah hubungan antar pribadi yang baik.
Hubungan antar pribadi tersebut akan mudah terbentuk apabila masing-masing
individu mampu mengungkapkan diri/membuka diri (self disclosure). Self
disclosure yang optimal akan membantu siswa dalam mencapai kesuksesan akademik
dan penyesuaian diri. Jika tidak siswa akan mengalami kesulitan berkomunikasi
dengan orang lain. Hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala seperti tidak bisa
mengeluarkan pendapat, tidak mampu mengemukakan ide atau gagasan yang ada pada
dirinya, merasa was-was atau takut jika hendak mengemukakan sesuatu. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa yang memiliki keterbukaan diri yang
rendah Jika hal demikian dibiarkan akan mengganggu perkembangan pribadi-sosial
siswa termasuk juga pencapaian prestasinya dalam belajar Berdasarkan pengkajian
di atas maka model Knap dipandang efektif untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa
SMA. Adapun tahapun yang dilalui antara lain tahap inisiasi, eksperimen,
intensifikasi, integrasi dan ikatan. Tahap Inisiasi mencakup percakapan singkat
dan saling memberi salam. Selama tahap eksperimen, masing-masing akan
mengungkap informasi mengenai partnernya. Percakapan pada tahap ini berfungsi
untuk menjajaki terjadinya hubungan lebih lanjut, dan membantu dalam mengungkap
persamaan atau perbedaan kepentingan. Tahap intesifikasi melibatkan
penyelidikan yang lebih mendalam pada kepribadian masing-masing. Tahap
integrasi menciptakan rasa bersama, rasa kami/kita, dimana keduanya bertindak
sebagai satu unit dan bukan sebagai individu yang terpisah. Keputusan yang
dibuat pada tahap ini biasanya dilakukan berdua. Sementara tahapan terakhir
yaitu ikatan, terjadi ketika keduanya masuk kepada suatu ritual yang secara
formal mengakui hubungan jangka panjang.
Copyrights © 2012