Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Vol 13, No 1 (2012)

KEEFEKTIVAN KONSELING NARATIF UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI SISWA

Wiryo Nuryono, (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2012

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas konseling naratif untuk meningkatkan penerimaan diri siswa. Proses konseling terdiri dari 3 tahap yaitu dekonstruksi, penulisan narasi baru dan penguatan narasi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah single subject multiple baseline accros subject   yang terdiri dari 3 orang siswa. Analisis data menggunakan analisis visual dan IMCS (innovative moment coding system). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh meningkatnya level, trend, dan central tendency pada masing-masing subjek segera setelah intervensi diberikan. Narasi penerimaan diri mengalami perubahan dengan munculnya protes, identifikasi tindakan, reflex, rekonseptualisasi dan tindakan yang berbeda sebelum intervensi konseling naratif.

Copyrights © 2012