Abstrak: Penelitian
ini dilakukan atas dasar adanya fenomena yang terjadi di lapangan adanya
kemampuan konselor yang kurang dalam keterampilan dasar konseling. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan alat penilaian
kemampuan konselor (APKK) dapat meningkatkan keterampilan dasar konseling.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dan desain penelitiannya adalah Pre Eskperimental Design dengan
menggunakan jenis One Group Pre-test and Post-test. Subyek dalam penelitian ini
adalah mahasiswa Jurusan PPB FIP UNESA. Metode
pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket keterampilan dasar konseling
sebanyak 25 item. Metode analisis data yang digunakan dengan uji t-test. Dari
perhitungan diperoleh deskripsi kemampuan dasar konseling sebelum mendapat APKK
memiliki skor antara 30 sampai 46. Sedangkan sesudah mendapatkan APKK memiliki skor
antara 35 sampai 47. Dengan demikian dapat diisimpulkan bahwa APKK dapat
meningkatkan keterampilan dasar konseling di Jurusan Psikologi Pendidikan dan
Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA. Simpulan yang dapat diambil dari
penelitian ini adalah bahwa APKK dapat meningkatkan keterampilan dasar
konseling di Jurusan PPB FIP UNESA. Dari
hasil penelitian tersebut mengarahkan rekomendasi agar mahasiswa Jurusan PPB FIP UNESA menggunakan APKK untuk
meningkatkan keterampilan dasar konseling.
Copyrights © 2012