Abstrak:Hasil revisi Taksonomi Bloom menunjukkan perubahan yang penting, yakni dalam revisi taksonomi itu digunakan dua dimensi yang memperlihatkan keterkaitan antara proses kognitif (sebagai dimensi-1) dan pengetahuan (sebagai dimensi-2). Sistem hirarkhis yang digunakan dalam Bloom dari C1 sampai C6 merupakan salah satu dimensi dalam klasifikasi tersebut, yaitu dimensi proses kognitif. Hanya saja dalam dimensi proses kognitif, pada taksonomi yang baru mengalami revisi yaitu: Mengingat, Memahami, Menerapkan, Menganalisis, Mengevaluasi dan Menciptakan.Seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran akan lebih mudah dan terbantu jika guru tersebut mampu dan mau memanfaatkan hasil revisi taksonomi Bloom dalam proses persiapan, pelaksanaan dan evaluasi proses dan hasil pembelajarannya dengan melengkapi Tabel yang memadukan dimensi 1 dan dimensi 2 dari hasil revisi Taksonomi Bloom. Hal ini disebabkan karena dengan melengkapi Tabel tersebut dengan tujuan pembelajaran, proses pembelajaran dan kegiatan asesmennya, maka seorang guru bisa mengaitkan antara ketiganya dalam proses pembelajaran yang dilakukan. Dengan demikian, pengisian Tabel tersebut sekaligus akan membantu guru dalam mengembangkan RPP dan instrumen penilaiannya.
Copyrights © 2009