Abstrak: Sarana dan Prasarana yang memenuhi standar nasional pendidikan antara lain tersedianya tempat bermain, berkreasi dan berekreasi serta sumber belajar lain. Taman edukatif yang berisikan aneka permainan edukatif memberi dukungan langsung terwujudnya sarana dan prasarana tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai alat permainan edukatif, seperti alat permainan yang berbasis permainan kartu, puzzle, serta permainan popular lainnya juga audio lagu terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SD, khususnya pada bidang matematika, baik ditinjau dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotoriknya. Implementasi dari media ini sejalan dengan teori belajar konstruktivisme bahwa siswa terlibat secara aktif dalam membangun pengetahuannya. Selain itu, implementasi ini relevan dengan karakteristik anak pada jenjang pendidikan dasar, yaitu anak lebih menyukai proses pembelajaran yang berbasis permainan. Kondisi pembelajaran ini sangat relevan dengan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, efisien, dan menyenangkan atau PAIKEEM. Media ini juga dapat diimplementasikan baik dalam pembelajaran formal maupun suplemen atau pengayaan. Dua model implementasi ini juga membantu mengatasi rasio kuantitas kompetensi keilmuan terhadap waktu belajar yang semakin membesar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2009