Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
Vol 15, No 1 (2008)

Pengembangan Model PBM Biologi Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Mahasiswa (Pengembangan Perangkat)

Sifak Indana, (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2008

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Tahap-tahap Pengembangan Secara prinsip pengembangan perangkat pembelajaran ini menerapkan empat tahap pengembangan yang disebut Model 4-D atau Four –D Model (Thiagarajan dkk., 1974), yaitu tahap pendifinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan pendisiminasian (dessiminate). Tahap pendisiminasian tidak dilakukan pada penelitian ini. Perangkat pembelajaran yang berhasil dikembangkan ada 3, yaitu Perangkat pembelajaran PBI untuk Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya dalam kehidupan, perangkat pembelajaran Diskusi kelas untuk struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi,menstruasi, fertilisasi, dan pemberian ASI, serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia, dan perangkat pembelajaran Guided discovery untuk arti, prinsip dasar, dan jenis-jenis bioteknologi. Berdasarkan hasil validasi pada guru, dosen, dan mahasiswa pendidikan biologi FMIPA semester gasal 2005 A dan B (2 kelas), ternyata perangkat pembelajaran contoh model PBI, guided discovery, dan diskusi kelas untuk matakuliah PBM 3 (MKPBM 3) dinyatakan layak untuk dipergunakan sebagai contoh model perangkat pembelajaran perkuliahan.

Copyrights © 2008