Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
Vol 16, No 2 (2009)

IMPLEMENTASI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN STRATEGI BELAJAR DIAGRAM ALIR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP LAJU REAKSI

Beni Setiawan, (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2009

Abstract

Abstrak: Hasil observasi keterampilan proses di Madrasah Aliyah Negeri Surabaya masih rendah sehingga belum mencapai ketuntasan belajar. Atas dasar itu, maka dilakukan penelitian pengembangan perangkat yang mengacu pada model 4D dan diimplementasikan pada 44 siswa kelas XI IPA 2 melalui pendekatan keterampilan proses dan diagram alir pada pokok bahasan laju reaksi.Hasil penelitian menunjukkan nilai proporsi sub indikator THB produk selama uji coba lebih dari sama dengan 0,75, yang berarti seluruh sub indikator telah tuntas. Proporsi tes hasil belajar proses antara 0,7 sampai 0,9 artinya butir soal tersebut dapat dijadikan tolak ukur ketercapaian sub indikator dalam pembelajaran, belajar psikomotor mengalami peningkatan dari 0,14 menjadi 0,95.Disimpulkan bahwa proses belajar mengajar dengan Strategi Belajar Diagram Alir dan Pendekatan Keterampilan Proses berhasil meningkatkan ketuntasan tes hasil belajar produk, proses, dan psikomotor.

Copyrights © 2009