Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
Vol 19, No 1 (2012): Vol. 19, No. 1, Juni 2012

HETEROGENITAS KELOMPOK SEBAGAI SYARAT MUTLAK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

, RINANINGSIH (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2013

Abstract

Abstrak. Tujuan kognitif pembelajaran kooperatif Jigsaw II adalah penyampaian informasi akademik sederhana, Sedangkan tujuan sosialnya untuk melatih siswa kerjasama dalam kelompok. Tujuan tersebut akan terlaksana apabila pembagian kelompok kooperatif dilakukan dengan heterogen. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan penelitian untuk mengetahui aktivitas mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dan mengetahui hasil belajar mahasiswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran Kimia Dasar II dengan menggunakan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw II. Sebagai subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2009 yang sedang memprogram matakuliah kimia dasar. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa aktivitas mahasiswa yang paling dominan pada siklus I adalah melakukan tanya jawab, begitu juga pada siklus II didominasi oleh melakukan diskusi kelompok ahli. Tes perkembangan hasil belajar produk sangat memuaskan 97% mahasiswa mendapatkan poin 30. Tes hasil belajar psikomotor 100% mahasiswa tuntas.     Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas pembelajaran meningkat dengan diterapkan kooperatif tipe jigsaw II. Hasil belajar produk dan psikomotor sangat memuaskan disebabkan karena pembagian kelompok dilakukan secara heterogen. Dari keberhasilan penelitian ini disarankan pada peneliti berikutnya atau para pendidik yang akan menerapkan pembelajaran kooperatif hendaknya melakukan pembagian kelompok secara heterogen. Jika tidak ada waktu yang cukup untuk melakukan keheterogenan kelompok sebaiknya digunakan pembelajaran diskusi kelas. Kata kunci: Model pembelajaran, kooperatif, tipe jigsaw II Abstract. Cognitive goals of cooperative learning Jigsaw II is simple academic information delivery, while the social goal to train students in group collaboration. The purpose will be fulfilled if the division is done with heterogeneous cooperative group . This research is a classroom action research studies with the aim to determine the activity of students in learning activities with model of cooperative learning Jigsaw II and find out the results of student learning after participating in learning activities Basic Chemistry II by using a model of cooperative learning Jigsaw II. As a research subject is student of physical education class of 2009 is being programmed basic chemistry. This research showed that the most dominant student activities in the cycle I was doing a question and answer , as well as in the second cycle is dominated by the expert group discussions. Developmental test results are very satisfying learning products 97 % of students earn 30 points . Psychomotor achievement test 100 % of the students completed. The conclusion of this research is to increase the quality of the implemented cooperative learning jigsaw type II. Psychomotor learning outcomes and the product is very satisfying because the division is done heterogeneous group. The success research suggested the following researchers or educators who will implement cooperative learning should make distributions in heterogeneous groups. If there is not enough time to do a group heterogeneity should be used in teaching the class discussion. Key words: learning models , cooperative , jigsaw type II

Copyrights © 2012