Abstrak Bahasa
Indonesia
Kualitas pendidikan
ditentukan oleh kualitas penyelenggaraan proses belajar mengajar, yang hal ini
sangat dipengaruhi oleh faktor tenaga pendidik. Sebagaimana yang dikemukakan
Muhari (2004) bahwa guru merupakan instrumental
input  dalam sistem  pendidikan nasional. Sebagai salah satu
instrumen tentu saja dalam konteks pembangunan pendidikan, guru adalah
jantungnya. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas tenaga
pendidik di sekolah adalah dengan melakukan sertifikasi bagi guru. Penelitian
ini dilaksanakan di rayon 14 Unesa yang meliputi Surabaya, Gresik, Jombang,
Tuban, Bojonegoro, Kota Mojokerto dan Kab Mojokerto serta Sidoarjo. Melalui penelitian ini akan diketahui
langkah-langkah, hambatan, persiapan dan sosialisasi yang dilakukan guru maupun
dinas terutama dalam pelaksanaan sertifikasi, dan hasil akhinya berupa bentuk
proses persiapan dan sosialisasi terkait program sertifikasi guru melalui jalur
portofolio.
 
Abstrak Bahasa Inggris
Education is determined by the quality of teaching
and learning process, which it is strongly influencce by factor of educators.
As Muhari steted that teachers are one of the efforts made to improve the
quality of educators in schools is to de a certification for the teachers. The
study wasconucted in 14 Unesa rayon by doing this research will be known the
steps, obstacles, preparation and teacher socialization and services performed
promarily in the implementation of certification, and the result is the
preparation form and socialization processes 
related to teacher certification program through the portofolio.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2011