Abstrak
Evaluasi adalah istilah yang bukan merupakan hal
yang asing bagi setiap guru pendidikan jasmani di sekolah. Bagi seorang guru
tentu mengetahui dan sangat menyadari bahwa evaluasi harus selalu dilakukan,
agar dapat selalu mengetahui kemajuan belajar siswa. Pelaksanaan evaluasi ini
akan dapat dilaksanakan lebih baik, apabila guru sangat memahami akan makna dan
fungsi dari sebuah evaluasi tersebut. Sebagai guru mata pelajaran pendidikan
jasmani, mendapatkan manfaat yang sangat banyak disaat para guru tersebut melaksanakan
evaluasi secara baik, manfaat tersebut antara lain: (1) Evaluasi memungkinkan
guru lebih terampil dan cermat dalam menafsirkan kemajuan hasil belajar siswa.
(2) Evaluasi akan memberi umpan balik bagi keberhasilan suatu program. (3)
Evaluasi akan meningkatkan pengakuan pihak luar terhadap manfaat Pendidikan
Jasmani. (4) Evaluasi dapat dijadikan ukuran keberhasilan guru dalam mengajar
(PBM). Evaluasi dalam pendekatan portofolio, adalah kumpulan
hasil kerja siswa untuk suatu tujuan tertentu, yang menggambarkan upaya,
kemajuan, dan prestasi siswa dalam bidang tertentu. Proses pengumpulan harus
melibatkan partisipasi siswa, terutama dalam menentukan materi, petunjuk
pemilihan, kriteria penilaian dan bukti-bukti refleksi diri siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar kerja,
laporan siswa, karya siswa dan lain-lain. Aspek yang dinilai sebaiknya
mencerminkan aspek pengetahuan, aspek kebugaran siswa, prestasi kecabangan
(Bukan teknik dasar dan prestasi olahraga). Aspek-aspek ini dijabarkan dalam
indikator penilaian.
Copyrights © 2008