Abstrak
Penelitian ini
bertujuan untuk mendiskripsikan proses pengembangan, kelayakan, dan
penggunaan media ular tangga untuk pengenalan konsep dan lambang bilangan
bagi anak kelompok A Taman Kanak-kanak usia 4-5 tahun. Penelitian pengembangan
ini menggunakan model 4D (four D)
yang dikemukakan oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap pengembangan
yaitu (1) define (pendefinsian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), (4) disseminate (penyebaran). Tetapi dalam
penelitian ini dilaksanakan sampai tahap pengembangan saja.Objek penelitian
adalah anak kelompok A Taman Kanak-kanak Kartika IV-85 usia 4-5 tahun yang
berjumlah 4 anak untuk uji coba terbatas, dan 28 anak pada uji coba luas, terdiri
dari 17 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Spesifikasi produk yang
diharapkan setelah dilakukan validasi adalah
papan ular tangga (PUT) yang terbuat dari banner dengan ukuran 45 x 40
cm yang dimodifikasi dengan kartu pesan (KP) dan kartu bilangan (KB). Hasil
validasi media yang dilakukan dengan menggunakan skala Guttman, adalah papan
ular tangga 97,6 %, rencana kegiatan harian dan rencana kegiatan mingguan 91,66
%, kartu pesan (KP) 90 % dan kartu bilangan (KB) 90%, masuk dalam kategori sangat baik. Penelitian
ini menghasilkan temuan bahwa media ular tangga yang dimodifikasi dengan kartu
pesan dan kartu bilangan layak digunakan
untuk pengenalan konsep dan lambang bilangan bagi anak kelompok A Taman
Kanak-kanak.
Kata
Kunci: Media Ular Tangga, Pengenalan Konsep dan
Lambang Bilangan.
Abstract
This study aims to describe
the development, appropriateness, and the use of media snakes and
ladders for the introduction of the concept symbol for the number of children in A group kindergarten
age 4-5 years. The development researchusing 4D models(four D) whichwas adopted by Thiagarajanwhich consists offour stages of development:
(1) define (definition), (2) design (design), (3)
develop (development), (4) dissemate (spread).
But in this study held up the development
phase only. Research object isA group childrenof kindergarten Kartika IV-85 age 4-5 years, amounting to 4 children for limited
testing, and 28 children in the widertrials, consisting of 17 boys and 11 girls. Process in
this study implemented starting in February until June2013. Product specifications are expected after the validation is one snakes and
ladders board made of banner with size 45 x 40 cm which is modified with a
message card (KP) and the card number (KB). Media validation results carried
out by using a scale of snakes and ladders board Guttman is 97.6%, plan daily activities and weekly action plans 91.66%, the card message (KP)
90% and the card number (KB) in the category of 90% is very good.This study
produced findings that modified media snakes and
ladders with a message card and the cardnumber is used forthe introduction of the concept and the symbol for thenumber of children in A group of kindergarten.
Keywords : Snake Ladder, Knowing Concepts and
Symbol Number.
Copyrights © 2013