Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar
Vol 1, No 2 (2013)

Pengembangan Media Ular Tangga untuk Pengenalan Konsep dan Lambang Bilangan Bagi Anak Kelompok A Taman Kanak-kanak.

Nur Fadhilah, (Unknown)
Mustaji, (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2013

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pengembangan, kelayakan, dan penggunaan  media ular tangga  untuk pengenalan konsep dan lambang bilangan bagi anak kelompok A Taman Kanak-kanak usia 4-5 tahun. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D (four D) yang dikemukakan oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu (1) define (pendefinsian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), (4) disseminate (penyebaran). Tetapi dalam penelitian ini dilaksanakan sampai tahap pengembangan saja.Objek penelitian adalah anak kelompok A Taman Kanak-kanak Kartika IV-85 usia 4-5 tahun yang berjumlah 4 anak untuk uji coba terbatas, dan 28 anak pada uji coba luas, terdiri dari 17 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Spesifikasi produk yang diharapkan setelah dilakukan validasi adalah  papan ular tangga (PUT) yang terbuat dari banner dengan ukuran 45 x 40 cm yang dimodifikasi dengan kartu pesan (KP) dan kartu bilangan (KB). Hasil validasi media yang dilakukan dengan menggunakan skala Guttman, adalah papan ular tangga 97,6 %, rencana kegiatan harian dan rencana kegiatan mingguan 91,66 %, kartu pesan (KP) 90 % dan kartu bilangan (KB) 90%,  masuk dalam kategori sangat baik. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa media ular tangga yang dimodifikasi dengan kartu pesan dan kartu bilangan layak digunakan  untuk pengenalan konsep dan lambang bilangan bagi anak kelompok A Taman Kanak-kanak.   Kata Kunci:  Media Ular Tangga, Pengenalan Konsep dan Lambang Bilangan.    Abstract This study aims to describe the development, appropriateness, and the use of media snakes and ladders for the introduction of the concept symbol for the  number of children in A group kindergarten age 4-5 years. The development researchusing 4D models(four D) whichwas adopted by Thiagarajanwhich consists offour stages of development: (1) define (definition), (2) design (design), (3) develop (development), (4) dissemate (spread). But in this study held up the development phase only. Research object isA group childrenof kindergarten Kartika IV-85 age 4-5 years, amounting to 4 children for limited testing, and 28 children in the widertrials, consisting of 17 boys and 11 girls. Process in this study implemented starting in February until June2013. Product specifications are expected after the validation is one snakes and ladders board made ​​of banner with size 45 x 40 cm which is modified with a message card (KP) and the card number (KB). Media validation results carried out by using a scale of snakes and ladders board Guttman is 97.6%, plan daily activities and weekly action plans 91.66%, the card message (KP) 90% and the card number (KB) in the category of 90% is very good.This study produced findings that modified media snakes and ladders with a message card and the cardnumber is used forthe introduction of the concept and the symbol for thenumber of children in A group of  kindergarten.   Keywords : Snake Ladder, Knowing Concepts and Symbol Number.

Copyrights © 2013