JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education)
Vol 2 No 1 (2018): JTIEE

KEMAMPUAN AWAL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS V SDN SIDOREJO I TUBAN PADA MATERI DAUR AIR

Anggun Winata (Unknown)
Sri cacik (Unknown)
Ifa Seftia R. W. (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2018

Abstract

Penelitian awal telah dilakukan pada peserta didik kelas V SDN Sidorejo 1 Tuban. Penelitian awal ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal literasi sains peserta didik pada materi daur air yang terdiri dari tujuh indikator. Penelitian awal ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan petunjuk praktikum IPA berbasis literasi sains untuk meningkatkan kemampuan literasi sains khususnya di SDN Sidorejo I Tuban. Tes kemampuan literasi sains terdiri dari tujuh butir soal yang mencakup ketujuh indikator yang ingin dianalisis. Kemampuan awal literasi sains merupakan kemampuan peserta didik sebelum diterapkan suatu penelitian pengembangan. Hasil analisis kemampuan literasi sains menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam membuat grafik secara tepat berdasarkan data dan kemampuan memecahkan masalah menggunakan keterampilan kuantitatif, termasuk statistik dasar memperoleh persentase lebih tinggi yaitu sebesar 68,8%. Sedangkan hasil analisis kemampuan literasi sains peserta didik yang lebih rendah adalah kemampuan melakukan penelusuran literatur yang efektif (misalnya mengevaluasi, validasi sumber, dan membedakan diantara tipe sumber-sumber tersebut) dan indikator melakukan inferensi, prediksi, dan penarikan kesimpulan berdasarkan data kuantitatif dengan presentase sebesar 3,1%. Hasil yang diperoleh tersebut sesuai dengan hasil surve PISA tahun 2003, 2006, 2009 dan 2012. Selain itu juga sesuai dengan hasil surve TIMSS tahun 2007 dan 2011. PISA dan TIMSS menyatakan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik Indonesia termasuk dalam kategori rendah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jtiee

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

This journal facilitates teachers and researchers to publish their articles based on research, review, and practice. Topics for the articles published by this journal are teaching media, strategies, models, plans, evaluations and technologies especially in elementary ...