JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education)
Vol 2 No 2 (2018): JTIEE

PENERAPAN MODEL PBLMATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG KELAS IV SDN 01 SUKOANYAR

Laila Nur Qomariyah (Unknown)
Nur Fauziyah (Unknown)
Arissona Dia Indah Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2019

Abstract

Penerapan model PBL (Problem Based Learning) pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik khususnya jenjang sekolah dasar. Peneliti akan menerapkan model PBL (Problem Based Learning) pada proses pembelajaran. Model PBL (Problem Based Learning) adalah model pembelajaran yang di dalamnya terdapat serangkaian aktivitas pembelajaran untuk memecahkan masalah nyata dengan melalui beberapa tahapan sehingga peserta didik memperoleh pengetahuan dan melatih keterampilan untuk memecahkan masalah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 01 Sukoanyar di kecamatan cerme tahun ajaran 2017-2018 dengan jumlah 14 peserta didik. Penelitian ini menggunakan lembar tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi aktivitas peserta didik sebagai instrumen penelitian. Hasil analisis data dalam penelitian ini diperoleh bahwa, terdapat tiga tingkatan kemampuan pemecahan masalah yaitu sangat baik diraih 2 peserta didik atau 14%, tingkatan baik diraih 7 peserta didik atau 50%, dan tingkatan cukup diraih 5 peserta didik atau 36% . Aktivitas peserta didik dalam penerapan model PBL (Problem Based Learning) termasuk dalam kriteria baik karena berada pada skala 61% ≤ P ≤ 80% yang dilihat dari rata-rata persentase seluruh pertemuan adalah 79% .

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jtiee

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

This journal facilitates teachers and researchers to publish their articles based on research, review, and practice. Topics for the articles published by this journal are teaching media, strategies, models, plans, evaluations and technologies especially in elementary ...