Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Kimia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sugiarto, Dwi Hari (Universitas Sebelas Maret)
Utomo, Suryadi Budi (Universitas Sebelas Maret)
Saputro, Agung Nugroho Catur (Universitas Sebelas Maret)
Paerah, Paerah (SMA Negeri 3 Boyolali)



Article Info

Publish Date
09 May 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan, (1) rasa ingin tahu siswa pada materi koloid di SMA Negeri 3 Boyolali dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching, (2) prestasi belajar siswa pada materi koloid di SMA Negeri 3 Boyolali dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang direncanakan berlangsung dua siklus. Pada setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 3 Boyolali tahu ajaran 2015/2016. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, tes, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran dengan model Quantum Teaching dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa pada materi koloid siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 3 Boyolali. Hal ini ditunjukkan dengan persentase ketercapaian rasa ingin tahu siswa yaitu siklus I sebesar 90,32% dan pada siklus II sebesar 93,55%, (2) penerapan pembelajaran dengan model Quantum Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi koloid siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 3 Boyolali. Hal ini dapat dilihat dari prestasi belajar siswa yaitu aspek kognitif dan aspek afekti siswa yang meningkat pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I ketuntasan belajar aspek kognitif sebesar 64,51% dan pada siklus II sebesar 80,65%. Sedangkan ketercapaian aspek afektif pada siklus I sebesar 83,87% dan pada siklus II sebesar 90,32%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...