Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 4, No 2 (2015)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY (MFI) DISERTAI PEER TUTORING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP SMA N 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Suryanto, Eko (Universitas Sebelas Maret)
Susanti, Elfi (Universitas Sebelas Maret)
Saputro, Sulistyo (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektivitas penggunaan model pembelajaran Modified Free Inquiry disertai Peer Tutoring terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam; (2) efektivitas penggunaan model pembelajaran Modified Free Inquiry terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam; (3) efektivitas penggunaan model pembelajaran Modified Free Inquiry disertai Peer Tutoring dan model pembelajaran Modified Free Inquiry terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan mengunakan desain ?Randomized Control Group Postest Only Design?. Populasi dalam penelitian ini adalah  siswa SMA N 1 Kartasura dan sampel terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sumber data dalam penelitian ini berupa data tes dan data angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran Modified Free Inquiry disertai Peer Tutoring lebih efektif dibanding metode ceramah (2) Penggunaan model pembelajaran Modified Free Inquiry tidak lebih efektif dibanding metode ceramah (3) Penggunaan model pembelajaran Modified Free Inquiry disertai Peer Tutoring lebih efektif dibanding model pembelajaran Modified Free Inquiry.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...