Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 3, No 4 (2014)

PENERAPAN PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER (LT) DILENGKAPI ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON KELAS X.6 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Rahmasari, Khusna Santika (Universitas Sebelas Maret)
Utami, Budi (Universitas Sebelas Maret)
Sugiharto, Sugiharto (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2014

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran Learning Together (LT) dilengkapi adobe flash. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial dan prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon kelas X.6 SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.6 SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, kajian dokumen, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Learning Together (LT) dilengkapi adobe flash dapat meningkatkan interaksi sosial siswa, pada siklus I diperoleh persentase pencapaian interaksi sosial siswa sebesar 72,25% meningkat menjadi 79,91% pada siklus II. Penerapan pembelajaran Learning Together (LT) dilengkapi adobe flash dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon. Prestasi belajar dapat dilihat dari aspek kognitif dan aspek afektif. Pada aspek kognitif siklus I persentase ketuntasan belajar siswa adalah 44,44% dengan nilai rata-rata kelas 68,3 meningkat menjadi 75% dengan nilai rata-rata kelas 82,78 pada siklus II. Untuk penilaian aspek afektif persentase ketercapaian pada siklus I adalah 71,14% meningkat menjadi 76,87% pada siklus II.Kata Kunci: Learning Together (LT), adobe flash, interaksi sosial, prestasi belajar, hidrokarbon

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...