Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 3, No 1 (2014)

STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI PADA MATERI HIDROKARBON SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Ovita, Arruum Linggar (Universitas Sebelas Maret)
Redjeki, Tri (Universitas Sebelas Maret)
Ashadi, Ashadi (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa pada penggunaan metode kooperatif TGT dan TAI, pengaruh kemampuan memori tinggi dan rendah, serta interaksi antara metode dan kemampuan memori terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Hidrokarbon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian desain faktorial 2x2. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X7 dan X9. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Metode tes untuk prestasi belajar kognitif dan kemampuan memori, sedangkan metode angket untuk prestasi belajar afektif. Analisis data menggunakan Analisis Variansi dua jalan dengan sel sama. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode TGT dan TAI terhadap prestasi belajar kognitif siswa serta tidak ada pengaruh metode TGT dan TAI terhadap prestasi belajar afektif siswa. Ada pengaruh kemampuan memori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar kognitif siswa serta tidak ada pengaruh kemampuan memori tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar afektif siswa. Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran TGT dan TAI dengan kemampuan memori terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa.Kata Kunci: TGT, TAI, kemampuan memori, prestasi belajar, hidrokarbon

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...