Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 3, No 2 (2014)

STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DILENGKAPI MACROMEDIA FLASH DAN HANDOUT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI DI SMA N 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2012/2013

Adi, Yulia Kristi (Universitas Sebelas Maret)
Van Hayus, Elfi Susanti (Universitas Sebelas Maret)
Masykuri, Mohammad (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2014

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dilengkapi dengan penggunaan macromedia flash memberikan prestasi belajar siswa yang lebih baik dari pada pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) yang dilengkapi dengan penggunaan handout dalam pembelajaran kimia materi koloid kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, sampel terdiri dari 2 kelas, data prestasi kognitif menggunakan tes, prestasi afektif menggunakan angket, uji hipotesis menggunakan uji t-pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dilengkapi dengan penggunaan macromedia flash memberikan prestasi belajar siswa yang lebih baik dari pada pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) yang dilengkapi dengan penggunaan handout dalam pembelajaran kimia materi koloid. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji t-pihak kanan dengan taraf signifikan 5%. Dimana hasil uji t-pihak kanan untuk prestasi belajar kognitif diperoleh thitung = 2,67 > ttabel = 1,67 dan untuk prestasi belajar afektif diperoleh thitung = 3,30 > ttabel = 1,67 sehingga Ho ditolak.Kata Kunci: Numbered Head Together, macromedia flash, handout, prestasi belajar, koloid.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...