Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi positif yang signifikan antara variabel-variabel bebas dengan prestasi belajar pada materi ikatan kimia baik secara terpisah maupun secara serentak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Sampel diambil 3 kelas dari 9 kelas dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis korelasi dan regresi linier. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara prior knowledge dengan prestasi belajar pada materi ikatan kimia, dari uji t-dua pihak diperoleh nilai signifikansi 0,000 dan koefisien korelasi Pearson 0,442 (2) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan bahasa dengan prestasi belajar pada materi ikatan kimia, dari uji t-dua pihak diperoleh nilai signifikansi 0,027 dan koefisien korelasi Pearson 0,228 (3) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara sikap siswa dengan prestasi belajar pada materi ikatan kimia, dari uji t-dua pihak diperoleh nilai signifikansi 0,011 dan koefisien korelasi Pearson 0,260 (4) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara prior knowledge, kemampuan bahasa dan sikap siswa dengan prestasi belajar pada materi ikatan kimia, dari uji F diperoleh nilai signifikansi 0,000 dan koefisien korelasi ganda 0,550.Kata Kunci: Korelasi, Prior Knowledge, Kemampuan Bahasa, Sikap Siswa, Prestasi Belajar pada Ikatan Kimia
Copyrights © 2013