Tujuan penelitian adalah mengembangkan media pembelajaran berupa game Senyawa Hidrokarbon dan mengetahui kelayakan media pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan metode penelitian mengacu pada penelitian R&D menurut Borg & Gall yang direduksi dari 10 langkah menjadi 7 langkah. Prosedur yang dilakukan adalah 1) analisis kebutuhan, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi, 6) uji coba lapangan dan 7) revisi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII untuk uji coba lapangan awal dan kelas XI untuk uji coba lapangan di SMA Batik 1 dan SMA Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pengujian menggunakan metode angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran pada materi Senyawa Hidrokarbon untuk kelas XI di SMA Batik 1 dan SMA Batik 2 Surakarta dapat dikembangkan menggunakan metode R&D menurut Borg & Gall yang direduksi dengan hasil berupa game Senyawa Hidrokarbon. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa media tersebut memiliki kriteria sangat baik dengan kelayakan pengoperasian sebesar 86%, kelayakan isi dan kelayakan desain sebesar 85%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015