Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 2, No 3 (2013)

STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN MACROMEDIA FLASH DAN LKS (LEMBAR KERJA SISWA) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI ASAM, BASA DAN GARAM KELAS VII SMP NEGERI 1 JATEN KARANGANYAR

Fadliana, Hanik Nur (Universitas Sebelas Maret)
Redjeki, Tri (Universitas Sebelas Maret)
Nurhayati, Nanik Dwi (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan metode PBL dengan macromedia flash dan LKS terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan asam, basa dan garam; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan asam, basa dan garam; (3) interaksi antara metode PBL yang dilengkapi macromedia flash dan LKS dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan asam, basa dan garam. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan Desain Faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Jaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes untuk prestasi belajar kognitif dan metode angket untuk motivasi belajar. Analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan. Persyaratan uji normalitas dengan menggunakan uji kolmogorov-smirnov, persyaratan uji homogenitas dengan menggunakan uji levene, uji komparasi ganda dengan metode scheffe. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat: 1) pengaruh penggunaan metode PBL dengan macromedia flash dan LKS terhadap prestasi belajar siswa dengan perbandingan rerata nilai adalah 27,87 > 18; 2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan rerata nilai untuk kategori tinggi adalah 30,316 > 19,059 untuk kategori rendah adalah 22,910 > 16,615; dan 3) tidak ada interaksi antara metode PBL dengan macromedia flash dan LKS dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar.Kata Kunci: PBL, Macromedia Flash,  LKS, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar 

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...