Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 4, No 4 (2015)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DILENGKAPI DENGAN MEDIA KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI HUKUM DASAR DAN KONSEP MOL KELAS X SMA NEGERI KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Rositawati, Henny (Universitas Sebelas Maret)
Nurhayati, Nanik Dwi (Universitas Sebelas Maret)
Redjeki, Tri (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial dan prestasi belajar siswa pada materi pokok hukum dasar dan konsep mol kelas X MIA 3 di SMA Negeri Kebakkramat melalui penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi dengan kartu soal. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2014/2015. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes (angket, observasi, dan wawancara). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi dengan kartu soal pada materi hukum dasar dan konsep mol kelas X MIA 3 SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2014/2015 dapat meningkatkan interaksi sosial dan prestasi belajar siswa yang dilihat dari peningkatan interaksi sosial dari 79,5% pada siklus I menjadi 82,4% pada siklus II, sedangkan pada prestasi belajar siswa aspek pengetahuan ketuntasan siswa meningkat dari 72,2% pada siklus I menjadi 86,1% pada siklus II, aspek sikap meningkat dari 67% pada siklus I menjadi 72% pada siklus II dengan kategori sikap siswa sangat baik, aspek keterampilan pada siklus I dan siklus II siswa berkategori sangat baik sebesar 100%.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...