Abstrak: Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dengan Media Konkret dalam Peningkatan Keterampilan Proses Dasar IPA tentang Cahaya pada Siswa Kelas V SD Negeri 7 Kutosari Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan keterampilan proses dasar dan hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian, yaitu observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing dengan media konkret dapat meningkatkan keterampilan proses dasar dan hasil belajar IPA.Kata Kunci: keterampilan proses dasar, hasil belajar, inkuiri terbimbing, media konkret
Copyrights © 2017