KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)

PENERAPAN MODEL TAKE AND GIVE DENGAN MEDIA VISUAL DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PADA SISWA KELAS IV SDN 1 BOJONGSARI TAHUN AJARAN 2016/2017

Hasanah, Rusydiah Nur (Unknown)
Joharman, Joharman (Unknown)
Ngatman, Ngatman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2017

Abstract

Abstrak: Penerapan Model Take and Give dengan Media Visual dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS tentang Perkembangan Teknologi pada Siswa Kelas IV SDN 1 Bojongsari Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan validitas isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan langkah-langkah model take and give dengan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD. Pada tes awal sebelum dilakukan tindakan, persentase ketuntasan siswa yaitu 15,15% meningkat menjadi 100,00% pada pertemuan akhir siklus III. Kata kunci: model take and give, media visual, hasil belajar IPS

Copyrights © 2017