Pendidikan Tata Niaga
Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi

MOTIVASI BELAJAR SISWA JURUSAN PEMASARAN DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA

Anisa Salsabilaningrum, Nada (Unknown)
., Sunarto (Unknown)
., Harini (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2015

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi motivasi belajar siswajurusan pemasaran kelas X dan XI dalam mengikuti pembelajaran di SMK Negeri6 Surakarta. Motivasi belajar siswa yang diungkap berdasarkan teori motivasikebutuhan dari Abraham Maslow. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah snowball sampling. Uji keabsahan data yang digunakan berupa triangulasi, member checking dan uji kebergantungan. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif Miles & Huberman. Temuan penelitian ini adalah motivasi belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan fasilitas ruang belajar dan waktu istirahat yang kurang, serta penerimaan dari teman luar jurusan dan guru yang kurang baik. Selain itu juga karena penilaian atas jurusan pemasaran, ketidak sesuaian cita-cita dengan jurusan dan pemilihan jurusan yang tidak sesuai dengan keinginan siswa.

Copyrights © 2015