Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persamaan dan perbedaan letak kesalahan serta faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa dari kelompok tinggi, kelompok sedang, maupun kelompok rendah dalam menyelesaikan soal identitas trigonometri. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa kelompok tinggi, empat siswa kelompok sedang, dan tiga siswa kelompok rendah. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi, metode tes, dan metode wawancara. Langkah-langkah analisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang dilakukan semua kelompok siswa adalah kesalahan berupa memutuskan menggunakan strategi menjabarkan masing-masing hubungan perbandingan trigonometri yang mengakibatkan perhitungan menjadi rumit, penyebabnya adalah ketidakmampuan siswa menentukan hubungan antara rumus pada identitas trigonometri; kesalahan menuliskan tanda operasi matematika dan kesalahan menuliskan tanda operasi matematika dan kesalahan dalam melakukan operasi hitung bentuk aljabar, penyebabnya adalah siswa tidak teliti saat melakukan perhitungan. Kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelompok sedang dan kelompok rendah antara lain memilih strategi mengeliminasi kedua persamaan yang mengakibatkan perhitungan menjadi rumit, salah dalam melakukan operasi hitung bentuk aljabar, ketidakmampuan siswa menyelesaikan soal dengan benar, kesalahan berupa mengeliminasi kedua persamaan, operasi hitung tiba-tiba mengalami perubahan yang tidak semestinya. Penyebab kesalahan kedua kelompok ini adalah siswa tidak terpikirkan ide lain, kurang memahami konsep operasi hitung bentuk aljabar, kurang terampil dalam melakukan manipulasi aljabar, ketidakmampuan siswa menentukan hubungan antara rumus pada identitas trigonometri, dan salah menafsirkan tulisannya
Copyrights © 2017