Jurnal Pendidikan Matematika SoLuSi ( Tersohor Luas dan Berisi )
Vol 1, No 5 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, Volume 1, Nomor 5, September

ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DALAM MENYELESAIKAN SOAL PELUANG DITINJAU DARI KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR (PENELITIAN DILAKUKAN DI SMA NEGERI 1 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2012/2013)

Nur, Dhimifri Fitria Ain (Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNS)
Triyanto, Triyanto (Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNS)
Pambudi, Dhidhi (Pendidikan Matematika FKIP UNS)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2017

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  tingkat berpikir kreatif (TBK) siswa dalam materi pokok  peluang yang ditinjau dari karakteristik cara berpikir pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ambarawa tahun ajaran 2012/2013.Penelitian  ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengambilan subjek  dilakukan  dengan  teknik  purposive  sampling.  Subjek  penelitian  dibagi menjadi empat kelompok yaitu kelompok siswa dengan karakteristik cara berpikir Sekuensial Konkret (SK), Sekuensial Abstrak (SA), Acak Konkret (AK), dan Acak Abstrak (AA) untuk selanjutnya dianalisis tingkatan berpikir kreatifnya. Data tentang  karakteristik cara berpikir siswa  diperoleh dari hasil tes angket. Sedangkan  data  tentang  tingkat berpikir kreatif siswa diperoleh dari hasil tes tertulis dan hasil wawancara. Validasi data dilakukan dengan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan yaitu  reduksi  data,  penyajian  data,  dan  penarikan kesimpulan/ verifikasi data.Hasil penelitian ini dapat dipaparkan sebagai berikut. 1) TBK Siswa dengan Karakteristik cara berpikir SK berada pada rentang TBK0?TBK2. Diperoleh 85,71% telah mencapai TBK 2 yang dapat membuat alternatif penyelesaian masalah dengan fleksibel dan lancar. Sedangkan 14,29% mencapai TBK 0 yang tidak mampu membuat alternatif penyelesaian masalah dengan fleksibel dan lancar. 2) TBK Siswa dengan Karakteristik cara berpikir SA berada pada TBK 2. Dari seluruh subjek dengan karakteristik cara berpikir SA telah dapat membuat alternatif penyelesaian masalah dengan fleksibel dan lancarr. 3) TBK Siswa dengan Karakteristik cara berpikir AK berada pada rentang TBK 0 ? TBK 2. Diperoleh 66,67% telah mencapai TBK 2 yang dapat membuat alternatif penyelesaian masalah dengan fleksibel dan lancar, 22,22% mencapai TBK 1 yang telah dapat membuat alternatif penyelesaian masalah dengan fleksibel tetapi belum bisa membuat alternatif penyelesaian masalah dengan lancar (fasih), dan 11,11% mencapai TBK 0 yang tidak mampu membuat alternatif penyelesaian masalah dengan fleksibel dan lancer.4) TBK Siswa dengan Karakteristik cara berpikir AA berada pada rentang TBK 0 ? TBK 1. Diperoleh 50% telah mencapai TBK 1 dan 50% mencapai TBK 0

Copyrights © 2017