Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro
Vol 7, No 2 (2019)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA PADA SISWA SMP NEGERI 28 BANDAR LAMPUNG

Bernadeta Swahyuning Kasih (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lampung)
I Dewa Putu Nyeneng (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lampung)
I Wayan Distrik (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPA Fisika. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX B dan IX C di SMP N 28 Bandar Lampung. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji Independent Sample T-Test, nilai Sig (2-Tailed) kurang dari 0,05, maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,79 dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,61 dengan kategori sedang.Kata Kunci: Jigsaw, Hasil Belajar, Pengaruh

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is ...