Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah bimbingan kelompok dapat mengurangi stress akademik mahasiswa FKIP Universitas Halu Oleo. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test. Subyek penelitian ini berjumlah 11 mahasiswa. Hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa skor rata-rata stres akademik mahasiswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok sebesar 83,27 atau 69,39% yang berada pada kategori tinggi. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok mengalami penurunan sebesar 13,45 sehingga menjadi 69,82 atau 58,18% yang berada pada kategori rendah. Hasil analisis inferensial data stres akademik diuji menggunakan Wilcoxon signed rank dengan taraf signifikan α=0,05 diperoleh Pvalue = 0,002. Pvalue < α (0,002<0,05). Dengan demikian Ha diterima yang berarti layanan bimbingan kelompok dapat menurunkan stress akademik mahasiswa FKIP Universitas Halu Oleo.
Copyrights © 2020