Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 7, No 3 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 8 KONAWE SELATAN

Ni Made Maetri Yanti (Universitas Halu Oleo)
Muhammad Sudia (Universitas Halu Oleo)
La Arapu La Arapu (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Konawe Selatan. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Konawe Selatan tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam 5 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VIIIĀ­-D sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model pembelajaran Mind Mapping dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran langsung. Desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 8 Konawe Selatan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...