Abstract; Media had important role in attracting and motivating the pupil during entering for learning process in the class especially for special need children as autism children. The purposes of this research were (1) to descript the application af autism children learning in the fifth class of SDLB Kerabat Mulia Kepung Kediri (2) to descript and analyze the usage of visual media in autism children learning in the fifth class of SDLB Kerabat Mulia Kepung Kediri (3) to descript the visual media used in learning for autism children in the fifth class of SDLB Kerabat Mulia Kepung Kediri.This research used descriptive qualitative. The data sources were primer and secondary. The data collection techniqueused interview, documentation, and observasiton. The research location was in SDLB Kerabat Mulia Kepung Kediri. The result data was analyzed by interactive. The results were (1) about the application of learning to autism children in the fifth class of SDLB Kerabat Mulia Kepung Kediri (2) about the usage of visual media in the form of picture in autism children learning in the fifth class of SDLB Kerabat Mulia Kepung Kediri (3) about visual media used in autism children learning in the fifth class of SDLB Kerabat Mulia Kepung Kediri.
Abstrak; Media memiliki peran penting dalam menarik perhatian dan motivasi anak didik dalam mengikuti pembelajaran di kelas, terutama bagi anak berkebutuhan khusus seperti anak autis. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran anak autis di kelas V SDLB Kerabat Mulia Kepung Kediri (2) mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan media visual dalam pembelajaran anak autis di kelas V Kerabat Mulia Kepung Kediri (3) mendeskripsikan media visual yang digunakan dalam pembelajaran bagi anak autis di kelas V SDLB Kerabat Mulia Kepung Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Lokasi penelitian di SDLB Kerabat Mulia Kepung Kediri. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian tersebut yaitu (1) tentang pelaksanaan pembelajaran pada anak autis di kelas V SDLB Kerabat Mulia Kepung Kediri (2) tentang penggunaan media visual berupa gambar dalam pembelajaran anak autis di kelas V SDLB Kerabat Mulia Kepung Kediri (3) tentang media visual yang digunakan dalam pembelajaran anak autis di kelas V SDLB Kerabat Mulia Kepung Kediri.
Kata kunci: penggunaan media visual, program pembelajaran anak autis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013