Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol 4, No 1: JANUARI 2019

Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA

Henik Nur Khofiyah (Pendidikan Dasar Universitas Negeri Malang)
Anang Santoso (Pendidikan Bahasa Indonesia-Universitas Negeri Malang)
Sa’dun Akbar (Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2019

Abstract

Abstract: This research was aimed to get result about the effect of discovery learning assisted by real media to critical thinking and understanding science concept This studyis quasi experiment, the design of Posttest-Only Control Group Design. The technique for sampling is saturated sampling. Data analysis using t test. The conclusion is; (a) there are differences in critical thinking skills of students using discovery learning models assisted by media real with students by discovery learning models. (b) There are differences in understanding of concepts between students using discovery learning models assisted by media real with students by discovery learning models.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media benda nyata terhadap keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA. Metode yang digunakan quasi experiment dengan rancangan Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Analisis data menggunakan Uji t. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (a) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan model discovery learning berbantuan media benda nyata dengan siswa dengan model discovery learning dan (b) terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model discovery learning berbantuan media benda nyata dengan siswa yang dibelajarkan dengan model discovery learning.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...