Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020

Perubahan Penguasaan Konsep Mekanika Newtonan Melalui Pembelajaran Collaborative Inquiry (CI) Berbasis Diagram Interaksi

Abu Zainuddin (Universitas Negeri Surabaya)
Sentot Kusairi (Universitas Negeri Malang)
Siti Zulaikah (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2020

Abstract

Penelitian bertujuan mengungkap perubahan penguasaan konsep Mekanika Newtonan mahasiswa yang menempuh Mata kuliah Fisika Sekolah di Universitas Negeri Surabaya setelah pembelajaran Collaborative Inquiry berbasis diagram diagram interaksi. Peningkatan penguasaan konsep diukur dengan 20 butir soal pilihan ganda beralasan. Berdasarkan hasil uji t-berpasangan diperoleh t = -11.6 dengan sig. = 0.00 yang menunjukkan bahwa skor pretest dan postest berbeda secara signifikan. Peningkatan tersebut dalam kategori sedang, diindikasikan dengan N-gain 0.38. Perbedaan skor dengan kategori kuat diindikasikan oleh effect size 2,17. Selain itu, peningkatan penguasaan konsep diindikasi dari bertambahnya jumlah mahasiswa yang memberikan alasan benar dalam menjawab soal terutama dalam memahami konsep gaya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...