Jurnal Ilmiah METHONOMI
Methonomi Edisi Khusus (Suplemen) Tahun 2017

PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG MEDAN

Tiur Rajagukguk (Universitas Methodist Indonesia)
Hendrik Cengkiawan (Universitas Methodist Indonesia)
Nola Manalu (Universitas Methodist Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan tentang untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang meliputi produk, tempat, promosi, harga, orang, proses dan layanan konsumen terhadap loyalitas konsumen BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan. Penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi dalam metode pengumpulan data yang dibutuhkan untuk mendukung penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda untuk mengetahui seberapa besar peran variable bebasantara lain produk, tempat, promosi, harga, orang, proses dan layanan konsumen terhadap loyalitas konsumen. Berdasarkan hasil pengujian siginifkansi parsial (Uji-t) diperoleh bahwa lima variabel bebas yaitu variabel produk, harga, tempat, proses, dan layanan konsumen memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas konsumen. Sedangkan variabel promosi tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap variabel loyalitas konsumen dan variabel orang tidak memiliki pengaruh dan signifikan terhadap variabel loyalitas konsumen. Produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan layanan konsumen mampu mempengaruhi variabel loyalitas konsumen sebesar 81.7%. sementara18.3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jimetho

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Methonomi adalah jurnal ilmiah resmi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia untuk menyajikan tulisan ilmiah dari empat konsentrasi ilmu pada program studi manajemen yaitu manajemen keuangan , manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan ...