RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 5, No 2 (2019)

PERBANDINGAN KURIKULUM SOCIAL STUDIES DI KOREA SELATAN DAN BRUNEI DARUSSALAM

Yulanda, Novidya (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2019

Abstract

Masuknya social studies ke dalam kurikulum di berbagai negara di dunia memiliki alasan yang berbeda seperti kondisi keragaman budaya bangsa (multikultur) yang sangat rentan terjadinya konflik. Artikel ini menjelaskan beberapa perbedaan antara kurikulum social studies Korea Selatan dengan  Brunei Darrusalam, seperti : 1)  Sistem persekolahan dan standar lulusan di Korea Selatan, dan   Brunei  Darussalam; 2) Kurikulum social studies di Korea Selatan, dan Brunei Darussalam; 3) Tujuan  dari  kurikulum  Social  studies  di  Korea  selatan,  dan   Brunei Darussalam; 4) Metode  pembelajaran  dan  proses  Assesment    dan  di  Korea  selatan,  dan Brunei Darussalam. Dalam studi perbandingan kurikulum sosial studies di Korea Selatan, dan Brunei terlihat bahwa kedua Negara ini mengalami perubahan sistem sosial akibat dari globalisasi. Perubahan yang terjadi membuat negara ini harus merubah bentuk atau struktur kurikulum terutama social studies yang baru untuk mengatasi dan menjawab permasalahan sosial yang terjadi dan akan semakin rumit dimasa yang akan datangKata kunci: Perbandingan, kurikulum, IPS, Brunei Darrusalam, Korea Selatan,

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...