RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 1, No 1 (2014)

Analisis Penilaian Kinerja Guru (PKG) dalam Upayanya Melakukan Penjaminan Mutu Guru di dalam Kelas (StudiPenelitian pada SMA/sederajat Swasta Kec. Pasar Minggu Jakarta Selatan)

Zainal Abidin (Unknown)
Sutrisno Sutrisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2014

Abstract

Abstrak: Penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan PKG yang selama inidilakukan tidak sesuai dengan ketentuannya. Disamping itu, indikasi ketidakseriusan sekolah dalam melakukan penjaminan mutu gurunya pun terlihat jelasketika ditemukan guru belum mengalami PKG dengan masa abdinya yang lebihdari 3 tahun. Sementara disisi lainnya, dokumentasi sekolah yang menyatakangurunya baik dalam Penilaian Kinerja Guru, dan berstatus tersertifikasi ternyatatidak sesuai dengan pengamatan peneliti dan hasil wawancara mendalam padabeberapa siswa mengenai kualitas gurunya tersebut. Sehingga pelaksanaan PKGini perlu di evaluasi kembali demi mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik.Beranjak dari keterbatasan Manajemen Sekolah yang ada, paling tidak dalamrangka melakukan penjaminan mutu gurunya didalam kelas, pimpinan sekolahsangat bertanggung jawab atas kemungkinan-kemungkinan kegagalan yang terjadi pada peserta didiknya. Untuk itu, dirasa Pimpinan Sekolah sangat perlumelakukan kontrol penilaian kinerja guru dengan cara menjadikan siswa sebagaievaluator dalam Penilaian Kinerja Guru jika PKG yang selama ini dilakukanbelum dianggap kredibel dalam keabsahan informasi datanya.Kata kunci:penilaian kinerja, mutu guru.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...