PAEDAGOGIA
Vol 19, No 1 (2016): PAEDAGOGIA Jilid 19 Nomor 1 (2016)

TEXT-MARKING, AN ALTERNATIVE WAY IN TEACHING READING REPORT TEXT

Lusiana Prihastiwi (English Education Department of Sebelas Maret University)
Martono Martono (English Education Department of Sebelas Maret University)
Teguh Sarosa (English Education Department of Sebelas Maret University)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:  (1) Peningkatan kemampuan siswa dalam membaca report text dan (2) Keadaan kelas saat text-marking diimplementasikan pada pembelajaran membaca siswa kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta tahun 2014/2015. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan mulai 1 Pebruari-22 Mei 2015. Setiap siklus penelitian terdapat langkah  planning, acting, observing, dan reflecting. Data penelitian berupa data kualitatif yang diperoleh melalui wawancara, survei, observasi dan data kuantitatif yang diperoleh melalui pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi textmarking dapat meningkatkan kemampuan membaca report text siswa dan keadaan kelas. Nilai rata-rata siswa diperoleh dari lima indikator membaca, yaitu: (a) menemukan ide pokok dan topik, (b) menentukan rujukan ,(c) menentukan makna kata berdasarkan konteks, (e) menemukan informasi tersurat dan rinci, dan (f) menemukan informasi tersirat meningkat. Peningkatan keadaan kelas meliputi (a) siswa fokus dalam proses pembelajaran, (b) siswa menjadi aktif dan antusias sehingga keadaan kelas kondusif, (c) siswa termotivasi untuk berdiskusi tentang kesulitan belajar dengan siswa lain maupun guru. Nilai rata-rata meningkat pada pretes (63,4), postes 1 (77,7), dan postes 2 (81,5).

Copyrights © 2016