Edukasi : Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan
Vol 11 No 2 (2019)

ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI KEARIFAN LOCAL CIPTA GELAR SUKABUMI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EKOLOGIS

Ramadhan, Gilang Mas (Unknown)
Resmi, Citra (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri sekecamatan Muntilan yang meliputi 1) Kesadaran literasi guru, 2) Perilaku membaca siswa dan 3) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah 5 kepala sekolah, 5 guru, 20 siswa dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Data yang diperolah dianalisis secara interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Data yang diperoleh kemudian dideskripsikan dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Kesadaran literasi guru belum maksimal sehingga implementasi GLS belum diterapkan 2) Perilaku baca siswa mayoritas masuk dalam kategori Traditional Intruction (membaca dengan dikaitkan materi akademik), sehingga budaya literasi siswa belum terbentuk 3) Implementasi GLS baru diterapkan pada minoritas SD Negeri di kecamatan Muntilan. Adapun faktor penghambat yang menyebabkan kondisi ini terjadi adalah 1) Guru belum memiliki semangat/motivasi sebagai pembaca sehingga update untuk literasi informasi belum dimaksimalkan2) Siswa kekurangan figure pembaca dari keluarga sehingga minat membaca rendah 3) Siswa telah kecanduan gawai 4) Sosialisasi GLS belum mendalam dan tidak disertai pelatihan dan pendampingan. Sedangkan faktor pendukung implementasi GLS adalah program sekolah adiwiyata yang dilakukan di mayoritas SD dimana program yang dilakukan sejalan dengan tujuan GLS, namun belum dimanfaatkan oleh sekolah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi is a scientific journal Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Magelang. This Journal serves as a means of dissemination of scientific research results conducted by the academicians both from internal and external. Edukasi contains research results and theoretical ...