Journal of Psychological Science and Profession
Vol 3, No 2 (2019): Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profess

EFEKTIVITAS TEKNIK REPEATED ORAL READING DAN IMPLEMENTASI TEKNIK-TEKNIK MODIFIKASI PERILAKU DALAM MENINGKATKAN KELANCARAN MEMBACA PADA ANAK DENGAN MILD INTELLECTUAL DISABILITY

Farraas Afiefah Muhdiar (Universitas Indonesia)
Eko Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji efektivitas teknik repeated reading dan implementasi teknik prompt, reinforcement, serta positive practice dalam meningkatkan kelancaran membaca pada anak dengan mild intellectual disability. Penelitian single case study ini dilakukan dalam 20 sesi dengan changing criterion design. Partisipan dalam penelitian ini adalah anak laki-laki berusia 12 tahun dengan mild intellectual disability yang belum dapat membaca dengan lancar, meskipun sudah mampu mengeja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik repeated reading dan implementasi teknik-teknik modifikasi perilaku dapat meningkatkan kelancaran membaca pada anak dengan mild intellectual disability dengan efektif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpsp

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Health Professions Social Sciences

Description

Aim: Jurnal ini memuat artikel ilmiah hasil penelitian yang terkait dengan keilmuan dasar psikologi dan penerapannya dalam keprofesian Psikolog. Scope: Adapun bidang psikologi yang termasuk di dalamnya yaitu Psikologi Klinis baik dewasa, anak maupun remaja, Psikologi Industri & Organisasi, Psikologi ...