Implementasi dari profesionalitas, maka dosen dituntut untuk melaksanakan proses pembelajaran yang prima dimulai dari perencanaan, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Ini sejalan dengan bentuk pelayanan prima berdasarkan prinsip pelayanan kepada mahasiswa dalam hal proses pembelajaran. Pembelajaran kolaboratif dalam pelaksanaannya mengandung unsur-unsur pelayanan kepada mahasiswa berdasarkan prinsip partisipatif, transparan, responsif, dan tidak diskriminatif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penerapan dan respon mahasiswa terhadap model pembelajaran kolaboratif pada kegiatan perkuliahan. Jenis penelitian yaitu deskriptif. Sumber data berupa pengamatan dan kuesioner respon mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran kolaboratif. Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana penerapan dan respon mahasiswa terhadap model pembelajaran kolaboratif pada kegiatan perkuliahan. Berdasarkan penelitian, mahasiswa dapat menjelaskan konsep materi, dan mencontohkan implementasi di lapangan. Interaksi dalam kelompok menunjukkan adanya motivasi dan sikap diri yang positif. Mereka sendiri mampu mengarahkan tujuan dan hasil proses diskusi. Kesadaran untuk mencari informasi untuk memahami materi, bagaimana cara mencontohkan, dan menjelaskan materi menjadi penting untuk dilakukan.
Copyrights © 2020