Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Januari 2020)

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF (COLLABORATIVE LEARNING) DI JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI MANADO

Rifani, Irfan (Unknown)
Lobja, Xaverius Erick (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

Implementasi dari profesionalitas, maka dosen dituntut untuk melaksanakan proses pembelajaran yang prima dimulai dari perencanaan, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Ini sejalan dengan bentuk pelayanan prima berdasarkan prinsip pelayanan kepada mahasiswa dalam hal proses pembelajaran. Pembelajaran kolaboratif dalam pelaksanaannya mengandung unsur-unsur pelayanan kepada mahasiswa berdasarkan prinsip partisipatif, transparan, responsif, dan tidak diskriminatif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penerapan dan respon mahasiswa terhadap model pembelajaran kolaboratif pada kegiatan perkuliahan. Jenis penelitian yaitu deskriptif. Sumber data berupa pengamatan dan kuesioner respon mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran kolaboratif. Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana penerapan dan respon mahasiswa terhadap model pembelajaran kolaboratif pada kegiatan perkuliahan. Berdasarkan penelitian, mahasiswa dapat menjelaskan konsep materi, dan mencontohkan implementasi di lapangan. Interaksi dalam kelompok menunjukkan adanya motivasi dan sikap diri yang positif. Mereka sendiri mampu mengarahkan tujuan dan hasil proses diskusi. Kesadaran untuk mencari informasi untuk memahami materi, bagaimana cara mencontohkan, dan menjelaskan materi menjadi penting untuk dilakukan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...