Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4, No 1 (2016): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI BENDA–BENDA KONKRET DI LINGKUNGAN SEKOLAH PADA ANAKUSIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA KECAMATAN PONTIANAK BARAT

,, Nelitawati (Unknown)
,, Mawardi (Unknown)
,, Sutrisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2016

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan benda–benda konkret di lingkungan sekolahuntuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Tujuan 1) Perencanaan dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui benda–benda konkret di lingkungan sekolahpada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Barat, 2) Pelaksanaan guru  dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui benda–benda konkret di lingkungan sekolah pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Barat, 3) Melalui benda–benda konkret di lingkungan sekolah dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anakusia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian  tindakan kelas dan  pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Selanjutnya tempat penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Barat. Teknik pengumpulan data  dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan alat yang digunakan adalah pedoman observasi guru, pedoman observasi murid dan foto. Teknik pemeriksaan keabsahan data  yang digunakan yakni triangulasi data dan member check.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui benda–benda konkret di lingkungan sekolah pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Barat dilaksanakan setiap hari senin dan rabu. Selain itu guru juga membuat rencana kegiatan harian  (RKH) yang berisi rencana dari seluruh kegiatan dalam 1 hari dan dilengkapi dengan media yang akan digunakan. Kegiatan terdiri dari : a. kegiatan awal, b. kegiatan inti, c. istirahat, d. penutup atau evaluasi.Kata Kunci :kemampuan mengenal, konsep bilangan,benda konkret.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JME

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini merupakan terbitan berkala untuk memfasilitasi tulisan dan hasil karya dari mahasiswa, pendidik, akademisi (guru dan dosen) dan peneliti yang berkaitan dengan pendidikan anak usia ...