Latarbelakang penelitian ini adalah masalah yang terjadi pada anak kelompok B2 di Raudhatul Athfal Al Fathonah Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya yaitu kemampuan mengenal huruf hijaiyah yang masih kurang anaksusah dalam mengingat huruf dan penyebutan huruf hijaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perencanaan kemampuan mengenal huruf hijaiyah dengan metode bermain melalui media puzzle. 2) Pelaksanaan kemampuan mengenal huruf hijaiyah dengan metode bermain melalui media puzzle. 3) Evaluasi kemampuan mengenal huruf hijaiyah dengan metode bermain melalui media puzzle pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakanyaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu anak kelompok B2 yang berjumlah 21 orang anak, sedangkan tempat penelitian yaitu di Raudhatul Athfal Al Fathonah Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Teknik dan alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check. Peserta didik dikatakan tuntas bila telah mencapai 80% dari kemampuan mengenal huruf hijaiyah dengan metode bermain melalui media puzzle. Berdasarkan tiga aspek perkembangan yang diamati yaitu anak dapat menyebutkan huruf ش ز ص عث ج خ, anak dapat memahami bunyi dan simbol huruf ش ز ص ع ث ج خ, dan anak dapat mengenal bentuk huruf hijaiyahش ز ص ع ث ج خ, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklus dari kriteria berkembang sangat baik pada Siklus I sebanyak 50,79%, Siklus II 67,45%, dan Siklus III 83,33%. Berdasarkan rata-rata hasil penelitian bahwa adanya peningkatan dari kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah dengan metode bermain melalui media puzzle pada anak kelompok B2 di Raudhatul Athfal Al Fathonah Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.Kata kunci: huruf hijaiyah, metode bermain, media puzzle
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017