Pembelajaran sains sederhana adalah model pembelajaran yang dapat meningkatkan aspek perilaku anak untuk membantu pelaksanaanya dibutuhkan suatu metode salah satunya metode demonstrasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui persiapan guru dalam menerapkan metode demonstrasi pada pembelajaran sains sederhana, (2) untuk mengetahui penerapan metode demontrasi dalam pembelajaran sains sederhana, (3) untuk mengetahui faktor penghambat penerapan metode demontrasi dalam pembelajaran sains sederhana dan (4) untuk mengetahui faktor pendukung penerapan metode demontrasi dalam pembelajaran sains sederhana. hasil penelitian, bahwa Persiapan penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran sains sederhana dapat terlaksana khususnya, Rencana Kegiatan Harian, Alat dan Bahan, Setting Lingkungan. Mengarahkan anak untuk menyebutkan nama-nama benda yang ada di sekitar, mengenal hasil pencampuran warna.Mengadakan komunikasi interaktif kapada anak untuk menggali pengetahuan awal anak tentang sains sederhana. Faktor penghambat dalam proses pembelajaran sains sederhana adalah (1) kurangnya media dalam pembelajaran, (2) kurangnya pemahaman guru dalam pembelajaran sains sederhana, (3) keterbatasan guru di kelas B (4) alat pembelajaran sains sederhana hanya seadanya (5) kurangnya kemampuan pemahaman anak. Faktor pendukung dalam pembelajaran sains sederhana ada beberapa faktor utama yang sangat berpengaruh pada terlaksananya pembelajaran yaitu, guru, anak, sarana dan prasarana. Kesimpulan penelitian adalah Metode demonstrasi yang diterapkan dalam pembelajaran sains sederhana di PAUD Citra Kartini Pontianak disesuaikan dengan RKH dan RKM.Kata Kunci: penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran sains sederhana.
Copyrights © 2017