Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI METODE BERMAIN BILANGAN POHON BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK AL KAUTSAR PONTIANAK SELATAN

., Novitasari (Unknown)
Maulina, Iin (Unknown)
., Sutrisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak-anak di kelas A3 Taman Kanak-kanak Al Kautsar Pontianak Selatan yang memiliki kemampuan kognitif dalam mengenal bilangan yang masih rendah, serta belum bisa mengetahui konsep banyak dan sedikit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perencanaan dengan metode bermain bilangan melalui media pohon bergambar, pelaksanaan dengan metode bermian bilangan melalui media pohon bergambar, dan peningkatan kemampuan kognitif anak dengan metode bermain bilangan melalui media pohon bergambar pada anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan bentuk penelitiannya yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian terdiri atas 14 orang anak, sedangkan tempat penelitiannya yaitu di kelas A3 Taman Kanak-kanak Al Kautsar Pontianak Selatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu: Triangulasi dan member check. Teknik analisis data dimulai dengan menelaah data yang tersedia dari berbagai sumber yaitu dari pengamatan yang sudah ditulis, dokumen foto dan format penilaian. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam bermain bilangan pohon bergambar, maka rata-rata pada kriteria berkembang sangat baik (BSB) dengan tiga aspek yang diamati yaitu membilang banyak benda 1-10, mengenal lambang bilangan, dan mengetahui konsep banyak dan sedikit, pada siklus I sebanyak 14,2%, siklus II sebanyak 50%, dan siklus III sebanyak 92,8%. Dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode bermain bilangan pohon bergambar yaitu tergolong dalam kriteria 80% dengan interpretasi berkembang sangat baik (BSB).Kata kunci :Kemampuan kognitif, bermain bilangan, pohon bergambar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JME

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini merupakan terbitan berkala untuk memfasilitasi tulisan dan hasil karya dari mahasiswa, pendidik, akademisi (guru dan dosen) dan peneliti yang berkaitan dengan pendidikan anak usia ...