Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 1 (2018): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

STUDI IDENTIFIKASI DINI DIAGNOSA KLINIS PROBLEM SELD (SLOW EXPRESSIVE LANGUAGE DEVELOPMENT) PADA ANAKMELALUI HASIL VINELAND ADAPTIVE BEHAVIOUR SCALE

Jati, Sri Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2019

Abstract

Keterlambatan bahasa menjadi salah satu indikator permasalahan neurodevelopmental selama periode tumbuh kembang anak. Penelitian menunjukkan bahwa 90% anak berusia 24 bulan memiliki kosa kata minimal 40-50 kata dan sekitar 85% menggabungkan kata-kata dan diidentifikasi mengalami keterlambatan atau Slow Expressive Language Delay (SELD). Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan identifikasi dini terhadap kesulitan belajar ditinjau dari perkembangan bahasa ekspresif dan reseptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah interview, observasi, hasil skrining adaptasi dari skala vineland adaptive behavior pada ranah komunikasi bahasa eksprsif usia 0-5 tahun. Subjek penelitian adalah siswa di TK Aisyiyah Busthanul Athfal 1 dan 3.  Hasil penelitian secara kualitatif dari 50 siswa berdasarkan  hasil pengukuran adaptasi dari skala  vineland adaptive behavior terdapat 3 anak yang di identifikasi mengalami hambatan dalam capaian perkembangan bahasa ekspresif dan respetif dengan hasil age equivalent kemampuan bahasa < 2 tahun.Kata Kunci :Identifikasi, SELD, VABS.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JME

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini merupakan terbitan berkala untuk memfasilitasi tulisan dan hasil karya dari mahasiswa, pendidik, akademisi (guru dan dosen) dan peneliti yang berkaitan dengan pendidikan anak usia ...