Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat kesadaran yang dimiliki para orangtua saat ini mengenai betapa penting untuk mengarahkan anak ke dalam kegiatan yang sesuai dengan potensi yang ada pada diri anak, sehingga membuat mereka tertarik untuk melakukan tes fingerprint yang mampu mendeteksi kecerdasan majemuk pada anak sejak dini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemahaman orangtua mengenai kecerdasan majemuk yang ada pada anak dengan melihat aktivitas yang dilakukan anak sehari-hari dirumah, ataupun melalui hal-hal yang dapat menarik minat anak dengan mudah. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui tentang kemampuan orangtua dalam mengenali kecerdasan majemuk pada anak serta kesesuainnya terhadap hasil  tes fingerprint yang telah dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif dimana sumber data merupakan data primer yang diperoleh melalui wawancara kepada 5 (lima) orangtua murid PAUD Laboratorium Model Universitas Muhammadiyah Pontianak yang telah melakukan tes fingerprint. Analisa data dilakukan melalui pengamatan serta wawancara terkait aktivitas anak sehari-hari di rumah, hal-hal yang menarik minat anak dengan mudah, serta pemahman orangtua mengenai hasil yng ada di dalam laporan tes fingerprint tersebut. Hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa terdapat 3 (tiga) orangtua yang belum mampu memahami makna kecerdasan majemuk pada anak melalui  aktivitas yang dilakukan anak sehari-hari dirumah. Selain itu, juga terdapat 3 (tiga) orangtua yang belum mampu memahami makna dari kecerdasan majemuk melalui hal-hal yang menarik minat anak dengan mudah. Namun, keseluruh orangtua yang berjumlah 5 (lima) orangtua, mampu mengenali kecerdasan majemuk pada anak dan sesuai dengan hasil tes fingerprint yang dilakukan.                   Kata kunci: Kecerdasan majemuk, tes fingerprint
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018