Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan anak dalam menyampaikan informasi secara lisan melalui pikiran dan perasaannya kepada orang lain, anak belum mampu mengkomunikasikanyang menjadi keinginan, dan merangkai kosakata yang sederhana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan terhadap kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun melalui singing games. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, jenisnya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian kualitatif diperoleh dari sumber data yang terdiri atas 16 anak dikelas kelas A2 Taman Kanak-kanak Islam Al Kautsar Pontianak Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, tehnik analisis data digunakan untuk memproses temuan penelitian melalui reduksi data, teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu: Triangulasi dan member check. Anak dapat dikatakan tuntas apabila telah mencapai 80% dalam Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak Islam Al Kautsar Pontianak Selatan. Kemudian dari tiga aspek perkembangan yang diamati yaitu anak dapat menceritakan kembali apa yang didengar dengan kosakata yang terbatas, anak dapat menggunakan kalimat pendek untuk berinteraksi dengan anak atau orang dewasa untuk menyatakan apa yang dilihat dan dirasa, dan anak dapat bertanya dengan menggunakan lebih dari dua kata tanya seperti: Apa, mengapa, bagaimana, dimana. Menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklus dari kriteria berkembang sangat baik (BSB) pada siklus siklus I mencapai 18,75%, sedangkan siklus II 68,75% dan siklus III 100%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa adanya peningkatan dari kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun melalui singing games di Taman Kanak-kanak Islam Al Kautsar Pontianak Selatan.Kata kunci: Singing Games, Kemampuan Berbicara, Anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017