Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4, No 2 (2016): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B2 DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 1 PONTIANAK

Oktaviani, Meri (Unknown)
., Sudarti (Unknown)
Jati, Sri Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh metode pembelajaran yang digunakan setiap hari terlihat monoton sehingga perkembangan kognitif anak tidak berkembang secara optimal.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak dengan menggunakanQuantum Learning melalui permainan ular tangga di kelompok B2 Taman Kanak-kanak Aisyiyah Buastanul Athfal 1 Pontianak.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental One Group pretest-Posttest. Lokasi penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Pontianak.Sumber data adalah anak kelompok B2 dan guru kelompok B2.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak meningkat secara signifikan. Dimana jika dilihat nilai -t hitung -5,272 lebih kecil dibanding  -t tabel  -2.074, yang dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Quantum learning melalui permainan ular tangga terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B2 di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Pontianak. Kata kunci: pembelajaranQuantum Learning, ular tangga, perkembangan kognitif

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JME

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini merupakan terbitan berkala untuk memfasilitasi tulisan dan hasil karya dari mahasiswa, pendidik, akademisi (guru dan dosen) dan peneliti yang berkaitan dengan pendidikan anak usia ...